3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi

Selamat datang Irwangustamanjaya di Situs Kami!

JAKARTA – Jet tempur F-22 Raptor memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya salah satu pesawat terkuat di dunia. Kecepatan, kelincahan dan jangkauan adalah kualitas terbaik dari pesawat ini. 3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi

Pernyataan Angkatan Udara, kombinasi kemampuan jelajah super, kemampuan manuver dan avionik terintegrasi F-22 Raptor, serta kemampuan pendukung, mewakili lompatan maju yang signifikan dalam kemampuan tempur.

Pesawat produksi Lockheed Martin ini memiliki panjang 18,9 meter, tinggi 5,1 meter, dan lebar 13,6 meter. Bobot kosongnya 19.700 kg, dan bobot maksimalnya mencapai 38.000 kg. Gratis Fitur Voice Chat di ChatGPT, Pengguna Tak Usah Ngetik

Keunggulan jet tempur F-22 Raptor AS1. Kecepatan di atas Mach 1,5

Jet tempur USF-22 Raptor diberkati dengan dua mesin afterburner turbofan yang dirancang oleh Pratt & Whitney F119-100. Mesin pesawat pertama yang dilengkapi bilah kipas lebar.

Kombinasi mesin dan desain aerodinamis pesawat berarti daya dorongnya bisa mencapai 35.000 pon, memungkinkannya terbang dengan kecepatan tinggi.

F-22 Raptor diketahui mampu terbang dengan kecepatan tinggi (di atas Mach 1,5) tanpa menggunakan afterburner. Fitur super jelajah ini memberikan keunggulan pada F-22 Raptor baik dalam kecepatan maupun jangkauan 1.850 km, dibandingkan jet tempur lainnya.

2. Tidak terdeteksi radar F-22 memiliki RCS 12x lebih kecil dibandingkan jet tempur lainnya, sehingga jarak deteksinya lebih kecil dibandingkan jet lainnya. Oleh karena itu, pesawat ini sering dianggap sebagai pesawat siluman karena dapat menghindari deteksi oleh penglihatan, suara, sensor, atau gelombang radar musuh.

Pengorbanan yang harus dilakukan demi kemampuan unggul tersebut adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan jet tempur lainnya. Karena itu, banyak negara memilih membeli F-35 yang lebih murah.

3. Memiliki serangkaian sensor canggih, pesawat ini tidak hanya memiliki kemampuan siluman yang luar biasa, tetapi juga memiliki kemampuan pelacakan. Jet F-22 dilengkapi dengan serangkaian sensor canggih yang memungkinkan pilot melacak, mengidentifikasi, menembak jatuh, dan membunuh ancaman udara ke udara sebelum terdeteksi.

Kokpit pesawat ini dilengkapi hand grip and control stick (HOTAS). Kokpitnya memiliki layar kristal cair enam warna. Dua layar menyediakan komunikasi, navigasi, identifikasi dan informasi penerbangan. 3 Keunggulan Jet Tempur F-22 Raptor AS, Pesawat Supersonik yang Tak Terdeteksi

Untuk serangannya, jet Amerika ini membawa enam rudal AIM-120 AMRAAM dan dua rudal AIM-9 Sidewinder. Jet tempur F-22 Raptor juga dilengkapi dengan meriam M61A2 Vulcan yang dipasang tepat di dalam badan pesawat.

Berikut beberapa keunggulan jet tempur F-22 Raptor AS yang merupakan pesawat bermesin ganda. Dengan kemampuannya tersebut, tak heran jika F-22 begitu ditakuti di medan pertempuran.