5 Obat Sirup yang Diklaim Aman dari Etilen Glikol, Diduga Penyebab 99 Anak Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Portal Ini!

Irwangustamanjaya – Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM merilis daftar obat berbahaya yang diduga terkait dengan gagal ginjal akut, banyak orang mencari obat berbahan sirup etilen glikol yang aman. 5 Obat Sirup yang Diklaim Aman dari Etilen Glikol, Diduga Penyebab 99 Anak Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Perlu diketahui, pencemaran etilen glikol masih dalam kategori aman asalkan tidak melebihi batas. Sementara itu, daftar obat sirup yang dikeluarkan BPOM melebihi batas atau toleransi harian asupan (TDI) sebesar 0,5 miligram per kilogram berat badan per hari.

Etilena glikol adalah bahan kimia yang tidak berwarna dan tidak berbau serta sangat beracun jika tertelan.

Namun Kementerian Kesehatan memastikan juga akan melarang konsumsi obat sirup hingga penyebab gangguan ginjal akut ditemukan.

“(BPOM sudah mengeluarkan obat berbahaya, larangan minum sirup masih berlaku?) Namun,” kata dr. Siti Nadia Tarmiz kepada tim media, Kamis 20 Oktober 2022) Resep Ramuan Herbal Penurun Demam dan Pereda Batuk Pilek Bayi: Cuma Modal ASI dan Kunyit!

Berikut daftar sirup obat yang diklaim aman dari etilen glikol versi produsen, berhasil dirangkum Irwangustamanjaya pada Jumat (21/10/2022).

1. Ilustrasi Medis Sirup Batuk Woods Peppermint (Dok. Envato Elements)

Produsennya adalah PT Kalbe Farma yang mengklaim seluruh produknya tidak menggunakan etilen glikol dan dietilen glikol. Namun, Kalbe juga menguji produknya untuk mengetahui apakah produk tersebut bebas etilen glikol.

Obat ini bukan dimaksudkan untuk mengencerkan dahak, melainkan untuk menekan batuk yang mengganggu. Namun hanya boleh dikonsumsi oleh anak usia 6 tahun ke atas dan orang dewasa.

2. Dapirin Parasetamol; Sirup untuk demam

Masih diproduksi oleh PT Kalbe Farma yang menyatakan semua produknya aman. Merupakan obat antipiretik yang mengandung 120 miligram parasetamol dalam setiap 5 ml obat.

Merupakan obat pereda nyeri dan penurun demam yang dijual bebas, dapat dikonsumsi oleh anak di bawah 1 tahun atau di atas 6 bulan, dengan dosis 1/2 sendok takar atau 2,5 miligram, 3-4 kali satu. pada siang hari. Dijual dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 23.000 per botol.

3. OBH Herbal Junior

PT Deltomed juga mengklaim obat-obatan yang diproduksinya aman mengandung etilen glikol dan dietilen glikol, termasuk obat batuk anak OBH Herbal Junior yang bahan utamanya adalah jahe, jeruk nipis, dan licorice.

Namun obat ini hanya bisa dikonsumsi oleh anak usia 6-12 tahun dengan dosis 3 kali sehari, 2 scoop yaitu 10 ml, dijual dengan harga Rp 11-23 ribu.

4. Antangin Junior melawan mual dan muntah

Masih diproduksi oleh PT Deltomed, jamu cair ini terdiri dari ramuan herbal, jahe, meniran, dan madu yang diklaim ampuh meredakan perut kembung dan menghangatkan tenggorokan. 5 Obat Sirup yang Diklaim Aman dari Etilen Glikol, Diduga Penyebab 99 Anak Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Dapat dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun dengan pemberian 1/2 sachet 3 kali sehari. Harga mulai Rp 1.100 hingga Rp 17.700.

5. Sanmol untuk demam anak

Meski masih dilarang, obat cair ini bukan termasuk obat dengan pencemaran berlebih etilen glikol yang dikeluarkan BPOM, meski aturan konsumsi obat cair tetap dilarang Kementerian Kesehatan dan harus dengan resep dokter. .

Sanmol dijual mulai Rp 13 ribu hingga Rp 21 ribu. Dapat digunakan oleh anak di atas 1 tahun dengan dosis 5 ml 3-4 kali sehari. Mengandung paracetamol untuk meredakan demam.