Akses Layanan Onkologi dan Kedokteran Nuklir di Indonesia Makin Berkembang Untuk Pasien Kanker

Wecome Irwangustamanjaya di Website Kami!

Irwangustamanjaya – Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian kedua setelah penyakit kardiovaskular. Pada tahun 2019, angka kejadian kanker di Indonesia bahkan menduduki peringkat kedelapan di Asia Tenggara. Akses Layanan Onkologi dan Kedokteran Nuklir di Indonesia Makin Berkembang Untuk Pasien Kanker

Faktanya, 43 persen kematian akibat kanker tidak akan terjadi jika pasien secara rutin didiagnosis sejak dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. Untuk lebih mendukung masyarakat dalam hal ini, Rumah Sakit Murni Teguh bersama GE Healthcare Indonesia berkolaborasi dengan fokus pada solusi onkologi (kanker) dan kedokteran nuklir di Indonesia. Gangguan Ginjal Akut Misterius Tewaskan 99 Anak, Kemenkes Bakal Tetapkan Status KLB?

Direktur Utama PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. Dr. Mutiara, MHA, MKT mengatakan, layanan kedokteran nuklir saat ini merupakan teknologi terkini untuk menangani onkologi. Ilustrasi dokter dan staf medis. (Unsplash/Institut Kanker Nasional)

Radiologi kedokteran nuklir adalah bidang radiologi yang menggunakan energi nuklir untuk mengobati penyakit kanker, yang menggunakan energi radiasi terbuka untuk menilai fungsi organ, mendiagnosis dan mengobati penyakit, jelasnya dalam konferensi pers Selasa ini (18/10/2022). ). ).

Perawatan ini, lanjutnya, memadukan dua konsep teknologi, radiologi dan energi nuklir. Dalam pengobatan kanker, radiologi berperan penting dalam menemukan dan memetakan lokasi sel kanker dan penyebarannya.

Sedangkan panas energi nuklir berperan sebagai penyalur obat untuk membunuh sel kanker pada area sasaran tertentu dan aman digunakan dalam dosis rendah.

Nantinya RS Murni Teguh akan menawarkan solusi pencitraan molekuler, PET CT dan teknologi pencitraan terbaru berbasis nuklir sehingga masyarakat yang membutuhkan tidak perlu lagi menunggu lama di rumah sakit pemerintah atau bahkan dibawa ke luar negeri.

GE Healthcare juga akan terus mendukung RS Murni Teguh dalam pengembangan layanan kesehatan di bidang kedokteran nuklir, radiologi, angiografi, USG, anestesi, dan layanan pemantauan pasien.

Tidak hanya itu saja, Dr. Mutiara juga mengatakan melalui kerja sama ini, GE Healthcare juga akan menyumbangkan tenaga ahli untuk melatih sumber daya manusia (SDM) dokter di RS Murni Teguh.

Dengan cara ini, kami berharap para dokter HR di RS Murni Teguh dapat melayani pasien dengan lebih baik. Akses Layanan Onkologi dan Kedokteran Nuklir di Indonesia Makin Berkembang Untuk Pasien Kanker

“Tidak hanya berjanji memberikan teknologi yang baik, tapi juga akan mendatangkan tenaga ahli untuk melatih tenaga medis kita. Sehingga kita memiliki tenaga medis yang cukup kuat untuk melayani kita dengan lebih baik,” pungkas Mutiara.