Bina Karya Gandeng Asmindo Garap Usaha Mebel dan Kerajinan di IKN

Selamat datang Irwangustamanjaya di Situs Kami!

Tangerang – PT Bina Karya (Persero) telah menandatangani perjanjian kerja sama (KKS) dengan ASMINDO, terkait logistik dan pengembangan usaha, untuk mendukung pengembangan Wilayah Ibu Kota Negara Indonesia (IKN). Bina Karya Gandeng Asmindo Garap Usaha Mebel dan Kerajinan di IKN

Penandatanganan KKS dilakukan oleh Direktur Utama ASMINDO (Dedy Rochimat) dan Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) (Boyke Prasetyanto), pada tanggal 5 Februari 2024 di gedung SELATAN78 Gading Serpong Tangerang.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Otoritas IKN (Dhony Rahajoe), Sekretaris Otoritas IKN (Achmad Jaka Santos), Deputi Bidang Keuangan dan Investasi Otoritas IKN (Agung Wicaksono), jajaran direksi PT. . Bina Karya (Persero), dan jabatan Direktori Pusat dan Komda ASMINDO.

Kerjasama ASMINDO dan Bina Karya dalam mendukung pengembangan IKN dimulai pada bulan Oktober 2023. Hal ini diawali dengan pertemuan DPP ASMINDO dengan jajaran direksi Bina Karya, untuk mengajukan usulan kebijakan pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung pengembangan IKN. Prof Adi Mengukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Bisnis Politeknik STIA LAN Jakarta

Permintaan ini mendapat respons positif dari Bina Karya. ASMINDO kemudian menyerahkan Letter of Intent (LoI) yang dilanjutkan dengan penyerahan Certificate of Intent (CI) kepada Bina Karya, hingga perjanjian kemitraan ini selesai.

Dalam sambutannya, CEO ASMINDO (Dedy Rochimat) menyampaikan bahwa kesepakatan bersama antara ASMINDO dan Bina Karya dilaksanakan dalam rangka peningkatan kekuatan pasar lokal khususnya bagi UKM. Memang benar, rantai pasok dan industri rumahan sebagian besar dilakukan oleh UKM.

Perlu dicatat bahwa pasar perumahan dan pasar tenaga kerja merupakan pasar yang sangat cocok dan perlu dikembangkan.

Berdasarkan data BPS, hingga tahun 2021, impor material dan peralatan Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2021, impor bahan dan peralatan Indonesia ditetapkan sebesar $1,3 miliar, kemudian meningkat menjadi $1,5 miliar pada tahun 2022, dan kembali menjadi $1,7 miliar pada tahun 2023.

Tren ini memberikan peluang bagi produsen dalam negeri, khususnya UKM, untuk terus meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di pasar dalam negeri. Dengan cara ini kita bisa mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Tersedianya kebijakan substitusi impor dan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pemerintah menjadi peluang bagi produsen dan perajin dalam negeri, khususnya UKM, untuk bisa berekspansi saat ini.

Untuk itu ASMINDO berharap para pelaku UKM mendapat perlengkapan nasional dan pemain berbakat dalam negeri serta mendapat kepuasan dalam ikut serta dalam pengembangan IKN.

Sebagai organisasi yang menyambut UKM industri hardware dan manufaktur, ASMINDO selalu berupaya untuk terus meningkatkan daya saing dan keberhasilan UKM industri hardware dan manufaktur di tangan pasar lokal maupun internasional melalui berbagai proyek.

Oleh karena itu, kolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya menjadi tugas penting ASMINDO untuk memastikan produk UKM lokal dapat bersaing secara efektif dengan produk impor, jika tidak pasar lokal akan didominasi oleh furnitur dan produk kerajinan lainnya.

Melalui KKS ini diharapkan ASMINDO dan seluruh mitra dapat mendukung pemerintah dalam pengembangan perangkat keras dan kerajinan tanah air dengan seluruh rantai pasoknya. Tujuannya untuk mendukung pemasok dan UKM agar dapat terus tumbuh, sejahtera dan berkembang, menciptakan lapangan kerja baru dan menciptakan produk berkualitas untuk memenuhi pasokan dan kebutuhan ibu kota negara.

Ketua PT Bina Karya (Persero) Boyke Prasetyanto mengatakan keberadaan ASMINDO sangat penting dalam memajukan perkembangan IKN. ASMINDO yang beranggotakan 2000 orang dapat membantu memenuhi kebutuhan peralatan IKN

Oleh karena itu, ketika kami berinteraksi dengan pihak yang ada di Balikpapan, tentunya para pejabat Bina Karya menganggap ASMINDO ini sangat penting, karena perkembangan IKN membutuhkan furniture, jika ada kantor, baik itu hotel, baik itu rumah atau pun. sesuatu seperti itu,” kata Boyke. Bina Karya Gandeng Asmindo Garap Usaha Mebel dan Kerajinan di IKN

“Setelah KKS ini tentunya kita harapkan ada peningkatan lagi di tingkat PKS (Perjanjian Kerjasama). Di PKS itu bukan ASMINDO tapi lebih banyak unit usaha baik itu perusahaan, CV, dan lain-lain,” ujar Boyke.

Pernyataan berbeda lainnya disampaikan Wakil Ketua Otorita IKN Dhony Rahajoe. Mantan Direktur Kantor Presiden Sinar Mas Land ini mengapresiasi ketertarikan ASMINDO membantu pemerintah membangun IKN.

Dhony yakin perjanjian patungan ini bisa segera dilaksanakan dengan membentuk gugus tugas ASMINDO untuk IKN. Gerakan Indonesia Berkelanjutan mendukung Prabowo-Gibran dan siap memenangkan pemilu. Kelompok relawan yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Berkelanjutan atau Jawara Gibran menyatakan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran dan siap memenangkan putaran tersebut. Irwangustamanjaya 8 Februari 2024