Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Selamat datang Irwangustamanjaya di Situs Kami!

Irwangustamanjaya, Jakarta – Sabtu ini, 20 Januari 2024, Jepang menjadi negara kelima yang mendaratkan pesawat luar angkasa di bulan. Namun masalah energi surya mengancam akan memperlambat pekerjaan negara tersebut. Jepang ingin membuktikan teknologi pendaratannya yang “presisi” dan menghidupkan kembali program luar angkasanya yang bermasalah. Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang, atau JAXA, mengatakan Smart Lander for Lunar Investigation, atau Slim, mencapai permukaan sekitar pukul 00:20 (1520 GMT Jumat). Namun panel surya tidak bisa menghasilkan listrik, kemungkinan karena posisinya miring.

JAXA memprioritaskan transmisi data SLIM ke Bumi karena wahana ini bergantung pada baterainya, yang dapat bertahan “beberapa jam”. Namun, ada “solusi yang menyelamatkan jiwa” seperti mematikan pemanas. Hitoshi Kuninaka, Kepala Pusat Penelitian JAXA, menginformasikan hal tersebut dalam konferensi pers.

Daripada mengambil tindakan drastis, JAXA akan mempertahankan status quo dan menunggu pergerakan matahari mempengaruhi panel. Oleh karena itu, fungsinya dapat dikembalikan.

Kuninaka mengatakan, dibutuhkan waktu 30 hari bagi bulan untuk berpindah sisi matahari. “Jadi ketika sudut matahari berubah dan cahaya bersinar ke arah yang berbeda, cahaya tersebut bisa mengenai sel surya.”

Sinyal dari SLIM telah hilang, menurut data dari Deep Space Network NASA. Masih belum jelas apakah hilangnya sinyal bersifat sementara atau merupakan upaya penghematan energi. Cara Aman Berbagi File Menggunakan Private Share di HP Android

Dijuluki “penembak jitu bulan”, SLIM bertujuan untuk mendarat dalam jarak 100 meter (328 kaki) dari targetnya, dibandingkan dengan akurasi biasanya yang hanya beberapa kilometer. Ini adalah teknologi yang menurut JAXA bisa menjadi alat yang ampuh untuk eksplorasi gunung berapi di masa depan, sumber gas, minyak, dan air.

“Kalau dilihat dari lintasannya, SLIM mampu mendarat pada jarak 100 meter,” kata Kuninaka seraya menambahkan butuh waktu sekitar satu bulan untuk memastikannya.

Jepang ingin memainkan peran yang lebih besar di luar angkasa bersama sekutunya Amerika untuk melawan China. Jepang juga memiliki beberapa lokasi peluncuran swasta, dan JAXA berencana mengirim astronot ke bulan sebagai bagian dari program Artemis NASA dalam beberapa tahun ke depan.

Namun badan antariksa Jepang baru-baru ini menghadapi beberapa kendala dalam pengembangan roket. Ini termasuk kegagalan peluncuran roket H3 barunya pada bulan Maret, yang dirancang untuk mengakhiri persaingan harga dengan pemasok roket lain seperti SpaceX.

Kegagalan ini menyebabkan penundaan umum dalam perjalanan ke Jepang. Ini termasuk SLIM, yang berhasil mendarat di sisi selatan Bulan dengan wahana Chandrayaan-3 pada bulan Agustus, dan wahana antariksa bulan gabungan dengan India.

JAXA telah dua kali mendarat di asteroid kecil, namun tidak seperti pendaratan asteroid, gravitasi bulan membuat pendarat tidak dapat melakukan pengujian lebih lanjut, kata para ilmuwan. Tiga misi bulan yang dilakukan oleh ISpace Jepang, badan antariksa Rusia, dan perusahaan Amerika Astrobotic gagal tahun lalu.

Di Sagamihara, pinggiran Tokyo tempat pusat kendali JAXA berada, sekitar 80 orang berkumpul di balai kota untuk menyaksikan pendaratan tengah malam.

“Ada peluncuran yang gagal (untuk roket JAXA), jadi saya ingin hal ini terjadi,” kata Toshi Yamamoto, seorang pekerja kantoran berusia 50-an.

Terjadi kebingungan saat turun. Namun tepuk tangan terbesar dimulai saat SLIM mendarat di bulan.

Pilihan Redaksi: Impian Gen Z, Kepedulian Lingkungan Calon Presiden dan Cawapres Salah Satu Pokok Bicara Cawapres

Perbarui secara teratur. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan dari Irwangustamanjaya di saluran Telegraf “Irwangustamanjaya Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk masuk. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Corporate Vice President KAI Commuter Secretary Annie Purba membenarkan, harga KRL asal China lebih murah dibandingkan Jepang. Baca selengkapnya

Seiring bertambahnya usia, jabat tangan yang lemah mungkin menunjukkan bahwa Anda lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Baca deskripsinya. Baca selengkapnya

Jumlah pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri tidak sedikit, dan 4 negara ini memimpin. Baca selengkapnya

Grup K-pop Seventeen akan menggelar konser spesial di Nissan Stadium Jepang pada 25-26 Mei 2024 Baca selengkapnya

Amir Galenoi menilai perlu ada rencana jangka panjang, perencanaan infrastruktur, dan dukungan pihak berwenang untuk mengembangkan sepak bola Iran pasca Piala Asia 2023. Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

UII lahir dari rahim Masyumi, organisasi yang dibentuk Jepang untuk menguasai Islam, yang akhirnya bubar namun menjadi instrumen perjuangan negara.

Selain di Jepang, bunga sakura juga banyak ditemukan di Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong. Baca selengkapnya

Timnas Iran berhasil mengalahkan Jepang pada babak perempat final Piala Asia 2023 di Stadion Kota Pendidikan. Baca selengkapnya

Taylor Swift merencanakan konser di Jepang pada 6-10 Februari, sedangkan pertandingan Super Bowl 2024 diadakan pada 11 Februari.

Uang ini akan digunakan untuk mengurangi jumlah wisatawan dan mengurangi kemacetan di Gunung Fuji. Baca selengkapnya