Copilot AI Milik Microsoft Kini Dipakai 75 Juta Perangkat di Seluruh Dunia 

Wecome Irwangustamanjaya di Website Kami!

Irwangustamanjaya, Jakarta – Alat kecerdasan buatan Microsoft, Copilot AI, meraih kesuksesan dengan dirilisnya versi Windows 11 pada Oktober 2023 dan versi Windows 10 pada Desember 2023. Copilot AI Milik Microsoft Kini Dipakai 75 Juta Perangkat di Seluruh Dunia 

CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan Copilot AI telah diterima dengan baik di lebih dari 75 juta perangkat di seluruh dunia dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Nadella juga mengatakan bahwa Copilot meningkatkan produktivitas pengguna. Kecerdasan buatan atau AI generatif seperti Copilot mampu meningkatkan produktivitas hingga 70%, lapor Gizchina, Selasa (6 Februari 2024).

Nadella mengatakan adopsi Copilot yang cepat menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan mengubah cara orang bekerja. Huawei P70 Dirumorkan Meluncur pada Akhir Maret 2024

Satya Nadella menekankan pentingnya kecerdasan buatan, mengutip penelitian dan laporan eksternal yang menyoroti peningkatan produktivitas yang dapat dicapai dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan generatif ke dalam tugas-tugas tertentu.

Pada saat yang sama, dampak Copilot terhadap pengguna Microsoft 365 sangat besar, dengan pengguna awal menunjukkan peningkatan kinerja yang luar biasa sebesar 29% dalam berbagai tugas, termasuk pencarian, penulisan, dan peringkasan.

Nadella juga mengatakan kesuksesan Copilot tidak terbatas pada pengguna individu saja. Pasalnya, perusahaan besar seperti Dentsu, Honda, dan Pfizer sudah menerapkan alat AI tersebut untuk digunakan oleh karyawannya.

Faktanya, menurut data internal Microsoft, tingkat adopsi Copilot di bidang enterprise cukup tinggi.

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan jumlah pengguna Microsoft Office berbayar melebihi 400 juta. Kini, kombinasi Copilot dan Office 365 menyediakan alat canggih yang memberdayakan pengguna untuk mencapai lebih banyak hal di tempat kerja.

Hal ini dianggap sebagai langkah penting menuju integrasi kecerdasan buatan ke dalam tugas produktivitas sehari-hari.

Pada saat yang sama, ChatGPT memimpin dalam mempopulerkan kecerdasan buatan generatif di kalangan pengguna dan saat ini memiliki lebih dari 180,5 juta pengguna. Hingga Desember 2023, website ChatGPT telah dilihat 1,6 miliar kali.

CEO OpenAI Sam Altman mengatakan ChatGPT saat ini digunakan oleh 100 juta orang setiap minggunya. Sejak diluncurkan pada November 2022, ChatGPT memperoleh 1 juta pengguna dalam 5 hari.

Sebagai perbandingan, aplikasi media sosial seperti Instagram diunduh 2 juta kali dalam 2,5 bulan. Netflix membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk mencapai 1 juta pelanggan.

Microsoft telah mengumumkan peluncuran layanan Copilot Pro untuk konsumen umum. Seperti namanya, ini merupakan layanan berbayar bagi konsumen yang menginginkan pengalaman Copilot lebih lengkap.

Menurut The Verge, Rabu (17/1/2024), Copilot Pro terintegrasi dengan Microsoft 365 Personal atau Home di Mac, Windows, atau iPad. Namun untuk mendapatkan layanan tersebut, pelanggan perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar US$20 atau Rp311.000.

Dengan mengaktifkan layanan ini, pelanggan Microsoft Office dapat memanfaatkan kemampuan AI yang diberikan Copilot untuk Word, Excel, dan PowerPoint. Fungsinya pun berbeda-beda tergantung aplikasi yang digunakan. Copilot AI Milik Microsoft Kini Dipakai 75 Juta Perangkat di Seluruh Dunia 

Untuk aplikasi Word misalnya, pelanggan bisa meminta Copilot melakukan sejumlah tindakan, seperti memparafrasekan paragraf dan menyusun teks, termasuk merangkum dokumen.

Sementara itu, di PowerPoint, pelanggan dapat menggunakannya untuk membuat slide presentasi berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Microsoft Copilot juga hadir di Outlook. Anda bisa meminta layanan AI ini untuk melakukan banyak hal, seperti membantu Anda membalas email atau membuat email baru.

Selain integrasi dengan Microsoft Office, Copilot Pro sendiri sebenarnya menyertakan beberapa layanan lain, seperti akses model OpenAI terbaru, peningkatan pada layanan Image Creator, termasuk kemampuan membuat Copilot GPT sendiri.