Dikritik Riya, Ustaz Solmed Beri Pembelaan Pamer Harta Boleh dalam Al Quran

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Portal Ini!

JAKARTA – Ustaz Solmed baru-baru ini membuat heboh media sosial dengan menyebut agama Islam membolehkan seseorang memamerkan harta bendanya. Hal ini pun langsung menuai kecaman dari banyak netizen. Dikritik Riya, Ustaz Solmed Beri Pembelaan Pamer Harta Boleh dalam Al Quran

Banyak netizen yang mengingatkan kita bahwa ada ayat Alquran yang melarang ekses, apalagi soal kekayaan. Namun Ustaz Solmed membela diri dengan ayat tentang bolehnya memamerkan kekayaan.

Tak hanya itu, untuk memperkuat pembelaan tersebut, suami April Jasmine mengadaptasi isi Alquran, persis seperti yang kita temukan pada ayat 11 Alquran. Pendapat tersebut diungkapkan sang khatib saat tampil di salah satu acara bincang-bincang televisi swasta. Mimpi Buruk, Mpok Atiek Ungkap Takut Meninggal 10 Juli 2024

“Iya yang pertama kalimatnya ‘wa amma bini’mati rabbika fa haddits’,” kata Ustaz Solmed dalam acara tersebut.

Sang khatib diketahui memungut biaya besar untuk menjelaskan makna dan makna kitab suci yang bersangkutan. Bahkan, Ustaz Solmed merangkumnya dalam kalimat yang memperbolehkan seseorang memamerkan hartanya di media sosial.

“Jika ada bantuan, silakan beritahu kami. Dalam bahasa sekarang, ‘fa haddites’ adalah pembaruan status yang menginformasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, ungkapan tersebut bermula saat Ustaz Solmed memperlihatkan sebuah rumah mewah tanpa bercanda. Rumah yang ditinggali April Jasmine ini dilengkapi dengan kolam renang, taman bermain, kafe, dan lapangan basket.

Bahkan, pria bernama lengkap Sholeh Mahmoed Nasution ini kerap tampil di media sosial bepergian dengan sepeda motor berukuran besar. Tak hanya itu, ia kerap memamerkan mobil sport Ferrari miliknya dan jalan-jalan ke luar negeri.

Selain itu, istrinya April Jasmine juga banyak mengoleksi tas mewah, salah satunya berharga ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, berdasarkan ayat Al-Qur’an, ia menyatakan bahwa pamer kekayaan adalah hal yang boleh dilakukan.

Sekaligus membuat masyarakat penasaran dengan ayat lengkap Surat Ad-Dhuha dan maknanya. Nah, itulah teks lengkap surat Ad-Dhuha ayat 11.

Wa ammā bini’mati rabbika fa ḥaddiṡ. Artinya: “Sesuai dengan nikmat Tuhanmu, nyatakanlah mereka (dengan rasa syukur).” Dikritik Riya, Ustaz Solmed Beri Pembelaan Pamer Harta Boleh dalam Al Quran

Makna ayat ini adalah perintah untuk menampilkan nikmat yang diterima sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Namun menurut sebagian ulama, penampakan tersebut tidak mengarah pada riya.

Hanya orang-orang yang dapat dipercaya saja yang boleh memajang aset tersebut, dan tujuannya agar orang lain dapat meniru dan terinspirasi dari apa yang dilakukan. Terpopuler: Ustaz Solmed menuntut ceramah, Umay Shahab Banjir Cibiran Ustaz Solmed adalah pendakwah terkaya di Indonesia, dan bayarannya untuk ceramah membuat netizen penasaran. Nah, berita seputarnya langsung menggila. Irwangustamanjaya 8 Februari 2024