Fosil Tumbuhan Berusia 350 Juta Tahun Tak seperti yang Terlihat Sebelumnya

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Situs Kami!

JAKARTA – Sekelompok ilmuwan menemukan fosil tumbuhan berusia 350 juta tahun yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Fosil yang ditemukan di Gilboa, New York, termasuk dalam spesies tumbuhan berdaun bernama Archaeopteris. Fosil Tumbuhan Berusia 350 Juta Tahun Tak seperti yang Terlihat Sebelumnya

Seperti dilansir IFL Science pada Minggu (01-04-2024), Archaeopteris merupakan salah satu tumbuhan darat pertama yang berevolusi, dan fosil baru ini memberikan informasi baru tentang bagaimana tumbuhan tersebut berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan terestrial. Inovasi Smartwatch jadi ‘Game Changer’

Fosil ini terawetkan dengan sangat baik dan menunjukkan detail struktur daun dan batang yang luar biasa. Para ilmuwan dapat menggunakan informasi ini untuk merekonstruksi seperti apa kehidupan Archaeopteris.

Mereka menemukan bahwa tanaman tersebut memiliki batang yang ramping dan bercabang serta daunnya tersusun spiral. Daunnya kecil dan lonjong, dengan urat menonjol.

Penemuan fosil ini penting karena memberikan bukti baru bagi evolusi tumbuhan darat.

Archaeopteris adalah salah satu tumbuhan darat pertama yang berevolusi, dan fosil baru ini memberikan informasi baru tentang bagaimana tumbuhan ini berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan terestrial.

Fosil-fosil ini juga penting karena menunjukkan keanekaragaman tumbuhan yang ada pada zaman Devonian.

Periode Devonian adalah masa perubahan besar di Bumi, ketika tumbuhan dan hewan pertama kali mulai menjajah daratan. Penemuan fosil-fosil ini menunjukkan bahwa tumbuhan berevolusi menjadi berbagai bentuk dan ukuran selama ini. Fosil Tumbuhan Berusia 350 Juta Tahun Tak seperti yang Terlihat Sebelumnya

Penemuan fosil tumbuhan berumur 350 juta tahun ini merupakan penemuan penting yang memberikan informasi baru mengenai evolusi tumbuhan darat.

Fosil tersebut menunjukkan keanekaragaman tumbuhan yang ada pada masa Devonian dan memberikan bukti baru tentang bagaimana tumbuhan tersebut berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan darat.