Gagal Ginjal Akut Misterius Merebak, Ringgo Agus Rahman Bakal Setop Beri Obat Batuk Sirup ke Anak?

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Situs Kami!

Irwangustamanjaya – Aktor Ringgo Agus Rahman yang kini menjadi seorang ayah pun khawatir dengan merebaknya penyakit misterius gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Penyakit ini juga diyakini terjadi akibat sirup obat batuk yang terkontaminasi. Gagal Ginjal Akut Misterius Merebak, Ringgo Agus Rahman Bakal Setop Beri Obat Batuk Sirup ke Anak?

Ringgo mengatakan larangan konsumsi obat dalam bentuk sirup cukup mengkhawatirkan, karena obat untuk anak seringkali diberikan dalam bentuk sirup agar lebih mudah dikonsumsi. Cita-cita Menkes Targetkan RS Indonesia Setara Mayo Clinic di AS

“Ini membuat saya khawatir, apalagi para orang tua yang mempunyai anak masih menonton berita, karena saat ini kami masih menyelidiki apa penyebabnya,” kata Ringgo dalam acara kampanye SoKlin Antisep di kawasan Gelora Bung Karno. Jakarta Selatan, pada Rabu (19/10/2022). Ringo Agus Rahman. (Dini/Irwangustamanjaya)

Gagal ginjal akut adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak mampu mengeluarkan zat beracun dan kelebihan cairan serta menyeimbangkan air dan elektrolit secara optimal. Secara umum, ginjal menyaring limbah dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Ayah dua anak ini berharap Kementerian Kesehatan segera menindaklanjuti penemuan ratusan anak Indonesia yang mengidap penyakit ginjal akut misterius.

Tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mengetahui penyebab penyakit yang biasa menyerang anak usia 5 tahun tersebut, sehingga orang tua mengetahui tindakan pencegahan apa yang harus dilakukan ketika anaknya sakit dan membutuhkan sirup.

“Sebenarnya sudah ada anjuran pemberian obat sementara di atas (setahun), bahkan dicampur. Tapi ini soal kebiasaan, dimana semua rumah tangga yang punya anak kecil di rumah menggunakan paracetamol. Jadi kita berharap kondisinya baik. berita secepatnya akan terjadi di masa depan,” kata Ringgo.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus misterius gagal ginjal akut yang muncul di Indonesia dalam dua bulan terakhir, menyerang anak-anak berusia enam bulan hingga 18 tahun.

Sebanyak 189 kasus gagal ginjal akut telah dilaporkan hingga saat ini, dan sebagian besar penderitanya berusia antara satu hingga lima tahun.

“Hingga 18 Oktober 2022, telah dilaporkan 189 kasus, sebagian besar terjadi pada usia satu hingga lima tahun,” kata dr. Yanti, Selasa 8 Oktober 2022. Gagal Ginjal Akut Misterius Merebak, Ringgo Agus Rahman Bakal Setop Beri Obat Batuk Sirup ke Anak?

Para orang tua diimbau untuk tidak panik dan mewaspadai gangguan ginjal pada anak dengan memantau kesehatan dan mencukupi kebutuhan cairan anak.