Hukum Kirim Al-Fatihah untuk Orang yang Meninggal Dunia Menurut Ustaz Syafiq

Wecome Irwangustamanjaya di Portal Ini!

Irwangustamanjaya – Doa menyampaikan Al-Fatihah kepada orang yang sudah meninggal umumnya diamalkan oleh umat Islam. Selain itu juga ada budaya masyarakat yaitu tahlilan, salah satu pembacaan Al Fatihah bersama-sama untuk orang yang sudah meninggal. Hukum Kirim Al-Fatihah untuk Orang yang Meninggal Dunia Menurut Ustaz Syafiq

Sontak masyarakat menjadi penasaran dengan hukum Islam mengenai kebiasaan mengirimkan surat Al-Fatihah kepada orang yang sudah meninggal. Lebih lanjut Ustaz Syafiq Basalamah pun menjawab pertanyaan tersebut. Panelis Debat Kelima Pilpres 2024, Ini Profil Guru Besar UGM PM Laksono

Pembacaan Al-Fatihah diturunkan agar pahala yang seharusnya diberikan kepada orang yang membacanya diberikan kepada orang yang sudah meninggal. Terkait hukum, ustaz Syafiq Basalamah mengatakan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama.

“Ini adalah masalah yang sedang dibahas oleh para ulama. Sebagian ulama mengatakan bahwa datangnya membaca, seiring datangnya zakat. Tapi ada sebagian ulama yang mengatakan tidak ada, kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah, dikutip dari tvOnenews.com.

Ia meminta umat Islam yang penasaran dengan hal tersebut agar melihat dan meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, ada beberapa riwayat Nabi juga mendoakan orang meninggal.

“Jika kamu melihat bagaimana keadaan Rasulullah SAW, maka kamu akan rindu shalat. Seperti saat salat jenazah. “Saya membaca takbir al-Fatihah pertama dan tidak mengirimkannya kepada almarhum,” jelasnya.

“Kami salat takbir kedua untuk Nabi, kami tidak mengirimkannya kepada almarhum, kami hanya membacanya. Takbir ketiga di sini berisi doa,” jelas Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Ia juga mengatakan, dari pedoman shalat jenazah, ada baiknya mendoakan kebaikan almarhum. Arti kebaikan itu seperti meminta kepada Allah SWT agar dibukakan kuburnya. Hukum Kirim Al-Fatihah untuk Orang yang Meninggal Dunia Menurut Ustaz Syafiq

Doa untuk orang mati juga bisa dilanjutkan dengan membaca ayat suci Al-Quran. Pengertian artinya mudah dalam mencari sesuai dengan doa yang diinginkan.

“Jadi lebih penting dari pada mengirimkan bacaan Al-Qur’an. Sebenarnya masalah ini dibicarakan oleh para ulama, kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Alasan Tamara Tyasmara Percayakan Putranya pada Kekasihnya Berenang Melihat Dante dekat dengan pacarnya, Tamara Tyasmara kerap menitipkan putranya pada pria tersebut. Irwangustamanjaya 8 Februari 2024