Jadi Sumber Inspirasi Siswa, Kemendikbud Dukung Program Pengusaha Mengajar

Wecome Irwangustamanjaya di Portal Ini!

JAKARTA – Inspirasi belajar bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali pendidikan vokasi yang menyambut baik keterlibatan guru dari praktik di satuan pendidikan vokasi. Jadi Sumber Inspirasi Siswa, Kemendikbud Dukung Program Pengusaha Mengajar

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kiki Yuliati mengatakan kehadiran guru diharapkan dapat menjadi inspirasi yang dapat menggugah pemikiran generasi muda Indonesia untuk menciptakan berbagai inovasi di bidang pelatihan vokasi. Pesantren Diniyyah Puteri Sumbang Rp135 Juta untuk Palestina

Ia meyakini kehadiran tenaga pengajar melalui program Wirausaha Mengajar sangat penting agar sumber daya manusia yang profesional dapat menyeimbangkan kapasitasnya sesuai dengan perkembangan DUDI.

“Program ini mendukung sumber daya manusia profesional untuk bergerak cepat memenuhi kebutuhan dunia pendidikan,” ujarnya saat peluncuran gerakan guru-wirausaha di SMK MM2100 Mitra Industri Bekasi melalui siaran pers, Jumat (2/2). /2024).

Baca Juga: Siap Masuk Politeknik Terbaik? Berikut biaya kuliah Polban Bandung 2023/2024

Kehadiran instruktur, lanjut Kiki, tidak hanya memberikan gambaran sekilas tentang DUDI yang sebenarnya kepada siswa, tetapi juga memberikan inspirasi bagi siswa SMK.

“Praktisi bisa menginspirasi siswa, guru, dosen, dan kepala sekolah.” Para seniman yang datang ke kampus tidak hanya bercerita, tapi juga membuka mata dan memberikan inspirasi (visi) kepada mahasiswa tentang apa yang harus mereka lakukan (di masa depan),” ujarnya.

Sekadar informasi, program Wirausaha Mengajar merupakan program baru yang diluncurkan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Program ini mengundang 1.000 pengusaha di seluruh provinsi di Indonesia untuk memberikan wawasan, motivasi, dan nilai keteladanan kepada siswa dan guru dalam menyongsong Industri 4.0. Peluncuran program ini bertepatan dengan ulang tahun Apinda yang ke-72.

Lebih lanjut Kiki mengatakan, dunia pendidikan saat ini memberikan ilmu dan ilmu kepada sekolah. Kehadiran pakar industri akan menghubungkan wawasan dan pengetahuan tersebut melalui bahan ajarnya.

Baca juga: Mengikuti kursus gratis mengantarkan barista ini meraih kesuksesan dengan membuka kedai kopi di Bandung Jadi Sumber Inspirasi Siswa, Kemendikbud Dukung Program Pengusaha Mengajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Merdeka Belajar membuka dan menerima niat baik para wirausaha untuk menjadi guru di bidang pendidikan vokasi. Sebagai sumbangsih besar bagi negara Indonesia, Kiki Yuliati berharap kehadiran wirausaha dapat membekali siswa dengan kemampuan belajar dan berpikir selain keterampilan dasar yang dipelajari siswa.