Korps Brimob Gelar Kejurnas Indoor Skydiving, Miliki Fasilitas Terbesar Se-Asia Tenggara

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Website Kami!

Bogor – 108 peserta TNI POLRI, pelajar, dan masyarakat umum mengikuti Kejuaraan Nasional Parasut Indoor (Kejurnas) Korps Brimob Polri untuk memperebutkan piala Dankor Brimob Cup 2023 dalam rangka HUT Korps Brimob Polri ke-78. . Korps Brimob Gelar Kejurnas Indoor Skydiving, Miliki Fasilitas Terbesar Se-Asia Tenggara

Kompetisi yang digelar di Terowongan Angin Tan Satrisna Brimob Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini merupakan ajang parasut indoor terbesar di Asia Tenggara.

Kejuaraan yang mengusung tema “Sportivitas dan Berprestasi untuk Indonesia Maju” ini dibuka pada Jumat, 8 Desember 2023 langsung oleh Kepala Brimob Wadankor Irjen Paul Ramdani Hidayat. Dan itu akan berlangsung hingga Minggu, 10 Desember 2023.

“Kami tiba-tiba bersiap karena kami tahu ini bukan awal minggu, kami berlatih sampai rekan setim saya sakit, tapi kami melakukan segala yang kami bisa untuk terus meningkatkan keterampilan kami,” ujarnya. Wawancara tim PTP Garuda, Zaid dan Ricki, Irwangustamanjaya, 10 Desember 2023.

Para peserta berharap melalui acara ini mereka dapat mengumpulkan sumber daya yang memungkinkan berkembangnya dunia terjun payung di Indonesia. Arteta ke Pemain Arsenal: Tirulah Keteladanan Jorginho

“Kita juga bisa menemukan generasi muda baru yang bisa mengharumkan nama Indonesia di masa depan,” kata Ricki.

Irjen Polisi Ramdani Hidayat mengatakan, kompetisi ini menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi antar pasukan terjun payung lainnya di Korps Brimob. Terutama TNI, Polri dan masyarakat umum.

“Pada akhirnya, karena anggaran ini milik rakyat, kami akan berusaha memastikan digunakan oleh masyarakat umum,” kata Ramdani.

Lembaga Brimob Polri berharap kejuaraan ini mampu melahirkan atlet-atlet baru di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Ramdani mengatakan fasilitas skydiving indoor Korps Brimob memiliki kapasitas terbesar dibandingkan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

“Terbesar di Asia Tenggara, kapasitas maksimal 2 orang, kapasitas maksimal 4 orang. Yang kami punya bisa menampung maksimal 10 orang. Di sana ada trainernya, 15 juta per jamnya, cuma mahal per jamnya. Beda dengan di sini, kami bilang, ‘Harapannya juga bisa memperluas kesempatan hiburan masyarakat,’” kata Ramdani.

Kejurnas Parasut Indoor Piala Dankor Brimob 2023 bekerjasama dengan Persatuan Polisi Parasut Nasional (PTP) dan Komite Parasut PB Federasi Olahraga Udara Indonesia (FASI). Beberapa nomor yang dipertandingkan adalah 4 Way Advance, 4 Way Intermediate, 4 Way Women, 2 Way Advance, 2 Way Intermediate, 2 Way Veteran, 2 Way Women, 2 Way VFS dan 8 Way.

Irwan Zuladri, Ketua Komite Terjun Payung Indonesia, mengatakan terjun payung dalam ruangan sudah menjadi olahraga terkenal di luar negeri. Saat ini berkembang secara dinamis di Indonesia.

“Karena ini soal persiapan dan ketersediaan. Kedepannya kami akan mencoba menggandeng KONI dari federasi agar para penerjun payung yang jumlahnya banyak itu bisa bersaing di Indonesia ke depan,” jelasnya.

Wakil Ketua Koni I Tengah, Mayjen TNI (Purn) Suvarno menyampaikan apresiasi kepada Korps Brimob Polri yang telah membekali mereka dengan parasut darat.

“Beberapa positifnya adalah kita tidak bergantung pada pesawat, dan yang kedua, meskipun operasionalnya cukup besar, tapi menurut saya anggarannya akan lebih kecil dibandingkan pesawat.

Suvarno berharap dengan terjun payung di gedung tersebut, Indonesia mampu melatih para penerjun payung baru. Selain itu juga dapat menyelenggarakan pertandingan berskala internasional. Korps Brimob Gelar Kejurnas Indoor Skydiving, Miliki Fasilitas Terbesar Se-Asia Tenggara

“Melatih atlet untuk membawa bendera Merah Putih di forum internasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, layanan lompat parasut Korps Brimob merupakan yang terbesar di kawasan Asia. Indonesia sendiri memiliki beberapa lokasi skydiving indoor, antara lain empat di Jakarta, dua di Jawa Barat, dua di Jawa Timur, dan satu di Bali.

“Tetapi kelebihan terbesar dari Mako Brimob adalah hal yang positif untuk masa depan. Kita hanya perlu melihat perkembangan atlet khususnya pada disiplin terjun payung,” ujarnya.

Suwarno mengatakan Brimob sendiri telah membuka kesempatan pelatihan bagi Polri, TNI, dan masyarakat umum di lokasi. Brimob saat ini berencana menggunakan peralatan terjun payungnya untuk keperluan umum di luar ruangan.

“Mungkin Senin sampai Kamis untuk kepentingan internal, tapi Jumat, Sabtu, dan Minggu bisa digunakan untuk kepentingan eksternal lainnya, baik untuk TNI maupun masyarakat,” ujarnya. Jelang pemungutan suara, PKS melantik 53 anggota dewan ahli yang sebagian besar purnawirawan TNI-Polri.Menjelang Pemilu 2024, Sakili membelikan “amunisi” tambahan untuk para anggotanya. saran ahli. Irwangustamanjaya 7 Februari 2024