Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Sugeng rawuh Irwangustamanjaya di Website Kami!

Irwangustamanjaya – Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menyambut baik seluruh kewenangan USU untuk memperkuat program studi (Prodi) menuju USU 500 World Class Universities (UBD). Tur dimulai pada hari Rabu tanggal 17 Rabu 2024 di Aula Suhadji Hadibroto FEB USU dan berakhir pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2024 di Aula Lantai 8 DLCB USU. Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Sambutan Rektor merupakan upaya Rektor USU mengundang pimpinan fakultas dan program untuk membahas rencana yang ingin dilaksanakan USU dalam dua tahun ke depan.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menyampaikan keinginannya untuk menjadikan organisasi sebagai suatu hal yang penting, karena hal ini dapat menjamin keberhasilan tujuan yang ingin dicapainya. Bolehkan Daging Kurban Diberikan Kepada Non-Muslim? Ini Penjelasan Buya Yahya

“Jadi kalau kita tahu organisasi ini, kita bisa menciptakan (atau) memenuhi kebutuhan kita dalam batasan yang ada,” kata Prof Muryanto dalam keterangan tertulis, Minggu, 21 Januari 2024.

World Class University (WCU) merupakan salah satu cara memperkuat pendidikan menghadapi USU 500 UBD. Rektor menyampaikan, WCU bukanlah sebuah dokumen resmi namun dapat mengubah sikap dan iklim akademik menjadi lebih baik.

“Mengapa World Class University bukan sekedar dokumen? (karena) kita ingin mengubah aura atau pemikiran kemudian mengubah keadaan pendidikan kita menjadi lebih baik, di tengah kendala yang ada saat ini, bersama kita dan organisasi kita,” tegas Rektor. USU.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menyampaikan tiga tujuan penting mengenai rencana USU ke depan, yaitu pendidikan, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, Rektor USU telah memperkenalkan Kurikulum OBE yang menjadi syarat akreditasi internasional. Saat ini, 66% mata pelajaran belum memiliki kurikulum OBE. Oleh karena itu, kepala sekolah meminta seluruh mata kuliah mengubah kurikulumnya menjadi kurikulum OBE. Rektor juga menyampaikan akan memperbolehkan pendidikan universal untuk semua dan merevisi SN Dikti berdasarkan kekuatan pendidikan dalam rencana rektor.

Lebih lanjut pada bidang Penelitian dan Penerbitan, Rektor menyampaikan nilai publikasi artikel internasional USU sebesar 0,8 yang berarti belum menjangkau satu guru pun pada artikel tersebut. Sekitar 400 guru belum memiliki artikel yang terindeks SCOPUS.

Menyikapi hal tersebut, universitas menjalankan program menulis dan memberikan hadiah kepada guru yang memiliki keterampilan menulis melalui program EQUITY dan program di LIPIHKI. Oleh karena itu, Rektor USU berharap dalam waktu dua tahun guru minimal memiliki satu buku.

Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos. M.Si juga menyampaikan bahwa dalam hal pengabdian kepada masyarakat (PkM), jumlah penelitian yang dilakukan fakultas USU masih sedikit sesuai Prioritas Penelitian Nasional (PRN) dan USU masih kesulitan dalam pemanfaatan HKI pada produk industri. Oleh karena itu, Rektor USU menyampaikan, PkM hendaknya fokus pada tema-tema spesifik yang dibutuhkan masyarakat berdasarkan tren bisnis dan industri. Menuju USU 500 Universitas Berkelas Dunia, Prof Muryanto: Mengubah Akademik Jadi Lebih Baik

Selain ketiga hal tersebut, Rektor juga menyampaikan hal penting lainnya pada tahun 2024 yaitu Key Performance Indicator, program digitalisasi, pengembangan infrastruktur dasar dan Pengembangan Klaster Sains dan PUI.

Baca beberapa artikel edukasi menarik di tautan ini. Universitas Mercu Buana Tunjukkan Kualitas Pendidikannya dengan Pengangkatan Tiga Guru Besar Pada hari Rabu tanggal 7 Februari 2024 Universitas Mercu Buana kembali mengadakan acara pengangkatan Guru Besar atas nama siapa? Irwangustamanjaya 8 Februari 2024