Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Selamat datang Irwangustamanjaya di Situs Kami!

Irwangustamanjaya, TOKYO-PT Toyota Astra Motor (TAM), agen merek Toyota di Indonesia, terus rutin menjual mobil diesel. PT TAM tidak terpengaruh dengan skandal penyimpangan uji sertifikasi mesin diesel yang dikembangkan Toyota Industries. Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Menurut Manajer Pemasaran PT TAM Anton Jimi Sundi, produk diesel Toyota di Indonesia tidak ada hubungannya dengan produk Jepang. Makanya kami terus menjual Diesel Fortuner dan Diesel Innova ke konsumen, kata Anton kepada Republik, Selasa (30/1/2024). Mengenal Mesin yang Bantu Pengecekan Kaki-kaki Mobil Lebih Akurat

Toyota Motor dilaporkan telah menghentikan pengiriman beberapa model, termasuk kendaraan utilitas Innova dan SUV Fortuner, setelah anak perusahaan Toyota Motor, Toyota Industries, Jepang atas penyimpangan dalam uji sertifikasi mesin diesel.

Komite inspeksi khusus menemukan kejanggalan dalam uji tenaga kuda untuk sertifikasi tiga model mesin diesel.

Toyota mengatakan 10 model menggunakan mesin yang terkena dampak di seluruh dunia, termasuk Hiace wagon, truk Hilux dan SUV Land Cruiser 300, serta SUV LX500D bermerek Lexus.

Anton juga mengatakan TAM akan tetap memasarkan Hilux dan Land Cruiser 300. “Saya tidak masalah jika kedua produk ini dijual di sini,” ujarnya. Diketahui, Hilux yang dijual di Indonesia diimpor dari KBU di Thailand. Sedangkan Land Cruiser 300 didatangkan dari Jepang melalui CBU.

Toyota Industries mengatakan akan mencoba menjelaskan masalah ini kepada pihak berwenang dan mengambil langkah-langkah, seperti uji sertifikasi mesin baru, di hadapan regulator jika diperlukan.

“Ada kurangnya komunikasi dengan Toyota Motor dan kurangnya koordinasi terkait proses pemeriksaan dan prosedur yang harus diikuti,” kata Presiden Toyota Industries Kouichi Ito dalam jumpa pers, Senin (29/1/2024). Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Sekitar 84.000 mesin diesel kendaraan yang terkena dampak telah terjual pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2023, kata Toyota Industries.

Pabrik Toyota patut dicek…