SMK Peternakan Diresmikan Demi Bangkitkan Sejarah Kampung Peternak di Langkat

Wecome Irwangustamanjaya di Website Kami!

Langkat – Yayasan Pengembangan Pendidikan (YPP) Prof. Dr. Mohd Hatta mendirikan Sekolah Kejuruan Peternakan (VOC) di Kabupaten Langkat. Hassanudin, Pj Gubernur Sumut, mengatakan sekolah ini merupakan investasi besar ke depan untuk mengembangkan penelitian potensi sektor peternakan. SMK Peternakan Diresmikan Demi Bangkitkan Sejarah Kampung Peternak di Langkat

SMK yang dibangun di Jalan Perniagaan nomor 235, Stabat Baru, Kabupaten Langkat ini dibuka langsung oleh Plt Gubernur Sumut Hassanuddin pada Selasa, 19 September 2023. Sebagai mantan Pangdam Bukit Barisan, saya yakin SMK ini mempunyai potensi besar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi generasi sekarang di masa depan. Perkembangan Terbaru Kasus Pelajar SMA yang Menusuk Temannya di Ruang Kelas

“Pendidikan merupakan investasi besar khususnya di bidang peternakan, untuk mempersiapkan anak-anak kita menghadapi tantangan besar masa depan,” ujar Prof Hassanudin dalam sambutannya pada acara pembukaan fasilitas dan gedung SMK Peternakan YPP. Mohd Hatta.

Saat ini SMK Peternakan memiliki 6 ruang kelas dan 2 ruang kerja di atas lahan seluas 7.300 hektar. Hassanudin berharap SMK Peternakan ini menjadi pilot project bagi sekolah peternakan di Sumut.

“Bisa kita tiru, istilah ATM (mengamati, meniru, mengubah) ini sesuai dengan ekologi wilayah kita, kapasitas dan lingkungan kita serta mencakup konstituen lain, swasta, masyarakat atau lembaga terkait lainnya. Saya berharap ini menjadi pilot project di Sumut,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammad Hatta mengatakan, pemerintah Provinsi Sumut berperan besar dalam pembangunan gedung dan fasilitas sekolah ini. Diharapkan menjadi sekolah percontohan bagi SMK Peternakan di Sumut dan berhasil dalam melatih tenaga profesional di bidang peternakan.

“Bangunan dan fasilitasnya disubsidi oleh Pemprov Sumut, termasuk Madrasah Tsanawiya (MTs) gratis untuk masyarakat miskin di sekitarnya.” “Kami ingin SMK ini menjadi teladan dan sukses di masa depan,” ujarnya. Muhammad Hatta.

Mohammad Hatta mengatakan, keputusannya membuka SMK Peternakan karena di wilayah tersebut terdapat peternak yang sudah lama melakukan peternakan yang baik. Muhammad Hatta yang berasal dari Kabupaten Stabat, khususnya dari Stabat Baru mengatakan, pembangunan SMK Peternakan ini menjadi pondasinya.

“Setahun lalu kami melakukan survei. Orang-orang di sini mencari nafkah dari bertani. Mereka sudah tidak aktif lagi. Mereka pada dasarnya adalah peternak, tetapi tradisional karena agak lambat. Makanya kami ingin melahirkan dokter-dokter spesialis yang bisa membimbing mereka,” kata Muhammad Hatta.

Sementara itu, Pj Bupati Langkat Syah Afandin menambahkan, ada 18 juta ekor ayam di wilayahnya yang datang dan pergi dari Kabupaten Langkat setiap tiga bulan sekali. Ada pula investor yang akan membangun perkebunan jagung dan pabrik pakan ternak di lahan seluas 400 hektare. SMK Peternakan Diresmikan Demi Bangkitkan Sejarah Kampung Peternak di Langkat

“Di sini banyak tauk ayam (pengusaha) besar, juga ada investor yang akan membuka perkebunan jagung seluas 400 hektar, pabrik, dan pabrik pakan ternak. Hal ini menunjukkan bahwa peternakan di Langkat memang mempunyai potensi yang besar dan besar,” kata Syah Affandin.

Artikel edukasi menarik dapat Anda temukan di tautan ini. Pada kunjungan keduanya ke Sumut, Prabowo disambut hangat puluhan ribu warga Deli Serdang. Kontestan nomor 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menghadiri Konser Indonesia Maju di Stadion Raka Baharoeddin Siregar, Irwangustamanjaya, 7 Februari 2024.