Studi: Makan Kimchi Setiap Hari Bantu Cegah Obesitas

Wecome Irwangustamanjaya di Situs Kami!

Irwangustamanjaya, JAKARTA — Menurut Federasi Dunia, obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama yang dihadapi hampir setiap negara di dunia. Federasi Hati. Di sisi lain, tidak mudah bagi penderita obesitas untuk menurunkan berat badan. Studi: Makan Kimchi Setiap Hari Bantu Cegah Obesitas

Saat ini sudah banyak metode menurunkan berat badan yang sudah terbukti secara ilmiah. Cara-cara tersebut menggunakan makanan yang sehat dan seimbang, mengurangi kalori dan berolahraga secara teratur. Benarkah Vitamin C Bisa Mempercepat Pemulihan Saat Sakit? Ini Penjelasan Dokter

Berdasarkan penelitian terbaru di British Medical Journal, ada metode lain yang juga terbukti efektif membantu penurunan berat badan. Caranya adalah dengan makan kimchi setiap hari. Menurut penelitian, mengonsumsi kimchi setiap hari bisa membantu remaja menurunkan berat badan. Konsumsi kimchi secara teratur dapat melindungi orang dari risiko keracunan.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Korea Selatan ini melibatkan lebih dari 115.000 partisipan berusia antara 40 dan 69 tahun. Para peserta ditanyai tentang seberapa sering mereka menggunakan kimchi melalui kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 1-3 porsi kimchi kubis per hari mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 11-12% dibandingkan pria yang jarang mengonsumsi kimchi kubis. Pada wanita, pengurangan risikonya sekitar 8%.

Tidak hanya kimchi yang terbuat dari kubis, kimchi yang terbuat dari lobak juga ternyata dapat membantu mengurangi risiko lemak perut. Pengurangan risiko ini sekitar 9% untuk pria dan wanita.

Namun, peneliti percaya bahwa tidak ada manfaat tambahan yang ditemukan jika lebih dari tiga porsi kimchi dikonsumsi per hari. Pasalnya, makan kimchi dalam porsi besar menandakan seseorang sedang mengonsumsi makanan yang banyak. Kebiasaan ini tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

Alasan lainnya adalah kimchi mengandung garam yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak menyarankan untuk mengonsumsi kimchi terlalu banyak agar tidak menutupi manfaat baik kimchi dengan terlalu banyak natrium atau garam. Studi: Makan Kimchi Setiap Hari Bantu Cegah Obesitas

Secara umum, kimchi merupakan hidangan sayuran fermentasi tradisional Korea Selatan yang memiliki rasa pahit dan pedas. Kimchi bisa dibuat dari berbagai macam sayuran, termasuk kubis dan lobak.

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa bakteri baik pada kimchi berperan dalam membantu penurunan berat badan. Selain itu, bakteri baik pada kimchi juga memberikan manfaat bagi kesehatan usus