Terkuak! Tanaman Ternyata Saling Berbicara, Begini Penampakannya

Selamat datang Irwangustamanjaya di Situs Kami!

JAKARTA – Tumbuhan yang belum kita temukan dikelilingi oleh kabut halus senyawa di udara yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dan melindungi diri. Mirip dengan aroma, senyawa ini mengusir herbivora yang lapar dan memperingatkan tanaman di dekatnya akan adanya penyerang. Terkuak! Tanaman Ternyata Saling Berbicara, Begini Penampakannya

Para ilmuwan telah mengetahui tentang pertahanan tumbuhan sejak tahun 1980-an, dan sejak itu telah menemukannya di lebih dari 80 spesies tumbuhan, ScienceAlert melaporkan Jumat, 19 Januari 2024. Kini, tim peneliti Jepang telah menggunakan teknik pencitraan real-time untuk menunjukkan bagaimana tanaman merasakan dan merespons sinyal udara ini. Inovasi Smartwatch jadi ‘Game Changer’

Ini adalah kesenjangan besar dalam pemahaman kita tentang interaksi tumbuhan: Kita tahu bagaimana tumbuhan mengirim pesan, tapi tidak tahu bagaimana mereka menerimanya.

Dalam penelitian ini, ahli biologi molekuler Yuri Aratani dan Takuya Uemura dari Universitas Saitama di Jepang memasang pompa untuk mentransfer senyawa yang dilepaskan dari tanaman yang rusak dan dipenuhi serangga ke tanaman yang tidak rusak, dan menggunakan mikroskop fluoresensi untuk mengamatinya. .

Tanaman yang rusak, seperti yang ada di video, menerima pesan dengan jelas dan jelas dari tetangganya yang terluka, yang merespons dengan menggoyangkan daunnya yang memanjang dengan sinyal kalsium.

Ketika para peneliti menganalisis senyawa di udara, mereka menemukan bahwa dua senyawa, Z-3-HAL dan E-2-HAL, merangsang sinyal kalsium di Arabidopsis.

Dengan secara khusus melindungi tanaman Arabidopsis dengan sensor fluoresen dan merekayasanya menjadi sel mesofil atau epidermis, mereka mengidentifikasi sel yang pertama merespons sinyal bahaya.

Sel penjaga merupakan sel berbentuk kacang di permukaan tumbuhan yang membentuk stomata, pori-pori kecil yang terbuka ke atmosfer saat tumbuhan menghirup CO2. Sel mesofil merupakan jaringan bagian dalam daun dan sel epidermis merupakan lapisan luar atau kulit daun tumbuhan.

Ketika tanaman Arabidopsis terkena Z-3-HAL, sel penjaga menghasilkan sinyal kalsium dalam satu atau dua menit, setelah itu sel mesofil menerima pesan tersebut.

Selain itu, perlakuan awal terhadap tanaman dengan fitohormon penghambat stomata secara signifikan mengurangi sinyal kalsium, menunjukkan bahwa stomata berfungsi sebagai “lubang hidung” pada tanaman. Terkuak! Tanaman Ternyata Saling Berbicara, Begini Penampakannya

“Kami akhirnya mengungkap kisah kompleks tentang kapan, di mana, dan bagaimana tumbuhan merespons ‘pesan peringatan’ di udara dari tetangga yang berbahaya,” kata pemimpin studi Masatsugu Toyota, ahli biologi molekuler di Universitas Saitama di Jepang.

“Jaringan komunikasi yang rumit ini, yang tersembunyi dari pandangan kita, memainkan peran penting dalam perlindungan tepat waktu terhadap pabrik-pabrik tetangga dari ancaman.” Penelitian: Pria dan wanita mencari pasangan baru dengan cara yang sama seperti mantan mereka. Misalnya, ketika Anda menemukan pasangan baru yang memiliki selera humor yang sama dengan mantan Anda, atau selera musiknya tidak jauh berbeda dengan mantan Anda. Irwangustamanjaya 3 Februari 2024